- Tes Kruskal Wallis digunakan ketika kita ingin menguji signifikansi perbedaan antara 3 atau lebih sampel independen dan menetukan apakah k sampel independen berasal dari populasi yang berbeda
- Syarat-syarat dari penggunaan tes ini ialah:
a.       Level data minimal ordinal
b.      K sampel independen atau lebih dari 2 sampel
- Adapun yang menjadi fungsi dari tes Kruskal Wallis ini ialah :
a.       Untuk menentukan apakah k sampel independen
berasal dari populasi-populasi yang berbeda
b.      Untuk menguji hipotesis komparatif
- Contoh soal :
1.      Dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah
terdapat perbedaan hasil belajar psikologi pendidikan antara 3 kelompok
mahasiswa semester 2. Dimana kelompok 1 dengan metode ceramah; kelompok 2
dengan metode diskusi;kelompok 3 dengan metode bermain
a.       Rumusan masalah : apakah terdapat perbedaan
hasil belajar psikologi pendidikan 
 antara 3 kelompok mahasiswa semester 2?
b.      Ho = tidak terdapat perbedaan hasil
belajar psikologi pendidikan antara 3 kelompok 
 mahasiswa semester 2
Ha =  terdapat perbedaan hasil belajar
psikologi pendidikan antara 3 kelompok 
 mahasiswa semester 2
c.       Tes kruskal wallis dipilih karena yang
dipelajari merupakan 3 kelompok independen sehingga memerlukan tes k sampel
independen dan skor-skor observasi juga berada dalam level data ordinal
d.      Ditetapkan α = 0.05 ; n1=5, n2=5,
n3=5
Skor dari masing-masing
kelompok
| 
Ceramah  | 
Diskusi  | 
Bermain | 
| 
85 | 
45 | 
84 | 
| 
76 | 
50 | 
88 | 
| 
89 | 
55 | 
79 | 
| 
75 | 
60 | 
80 | 
| 
65 | 
58 | 
77 | 
Rangking dari
masing-masing kelompok
| 
Ceramah  | 
Diskusi  | 
Bermain | 
| 
13 | 
1 | 
12 | 
| 
8 | 
2 | 
14 | 
| 
15 | 
3 | 
10 | 
| 
7 | 
5 | 
11 | 
| 
6 | 
4 | 
9 | 
| 
R1 = 49 | 
R2 = 15 | 
R3 = 56 | 
            H
=  
  - 3(N+1)
 - 3(N+1)
 
  - 3(N+1)
 - 3(N+1)
             
=  
  +
 +  +
 +  ] – 3(15+1)
] – 3(15+1)
 
  +
 +  +
 +  ] – 3(15+1)
] – 3(15+1)
           
= 9.62
e.       Dengan menggunakan tabel O,untuk n1=5,
n2=5, n3=5 diperolah p yang mendekati H=9.62 sebesar
0.009.
Karena p< α , maka Ho
ditolak. Sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar
psikologi pendidikan antara 3 kelompok mahasiswa semester 2
2.      Dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah
terdapat perbedaan ketangkasan siswa yang mengikuti outbond rutin, jarang
mengikuti dan tidak pernah mengikuti. Diambil 3 sekolah dimana sekolah 1 sering
mengadakan outbond, sekolah 2 jarang mengadakan outbond, dan sekolah 3 tidak
pernah mengadakan outbond.
a.       Rumusan masalah : apakah terdapat perbedaan
ketangkasan siswa yang 
   mengikuti outbond rutin, jarang mengikuti
dan tidak pernah
   mengikuti? 
b.      Ho = tidak terdapat perbedaan
ketangkasan siswa yang mengikuti outbond rutin, 
   jarang mengikuti dan tidak pernah mengikuti 
c.       Ha =  terdapat perbedaan ketangkasan siswa
yang mengikuti outbond rutin, jarang 
   mengikuti dan tidak pernah mengikuti 
d.      Tes kruskal wallis dipilih karena yang
dipelajari merupakan 3 kelompok independen sehingga memerlukan tes k sampel
independen dan skor-skor observasi juga berada dalam level data ordinal
e.       Ditetapkan α = 0.05 ; n1=3, n2=4,
n3=5
Skor dari masing-masing
kelompok
| 
Rutin  | 
Jarang   | 
Tidak pernah | 
| 
75 | 
65 | 
70 | 
| 
95 | 
54 | 
53 | 
| 
50 | 
80 | 
90 | 
Rangking dari
masing-masing kelompok
| 
Rutin  | 
Jarang  | 
Tidak pernah | 
| 
6 | 
4 | 
5 | 
| 
9 | 
3 | 
2 | 
| 
1 | 
7 | 
8 | 
| 
R1 = 16 | 
R2 = 14 | 
R3 = 15 | 
H =  
  - 3(N+1)
 - 3(N+1)
 
  - 3(N+1)
 - 3(N+1)
              
=  
  +
 +  +
 +  ] – 3(9+1)
] – 3(9+1)
 
  +
 +  +
 +  ] – 3(9+1)
] – 3(9+1)
            
= -3.843 
f.       
Dengan
menggunakan tabel O,untuk n1=5, n2=5, n3=5
diperolah p yang mendekati H=3.843 sebesar 0.100
Karena p> α , maka Ho
diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan tidak terdapat perbedaan
ketangkasan siswa yang mengikuti outbond rutin, jarang mengikuti dan tidak
pernah mengikuti 
 



0 komentar:
Posting Komentar