PERBEDAAN PEDAGOGI DAN ANDRAGOGI
Malcolms S. Knowles membedakan antara pedagogi dan andragogi
seperti dalam tabel berikut:
ANDRAGOGI DAN PEDAGOGI
ANDRAGOGI
|
PEDAGOGI
|
Pembelajar disebut peserta didik
|
Pembelajar disebut sebagai “siswa” atau
anak didik
|
Metode belajar aktif
|
Metode belajar pasif
|
Belajar
terpusat pada masalah kehidupan nyata
|
Belajar berpusat pada isi pengetahuan
teoritis
|
Tujuan fleksibel
|
Tujuan ditentukan sebelumnya
|
Gaya belajar independen
|
Gaya belajar dependen
|
Pembelajaran mempengaruhi kecepatan
|
Guru mengontrol waktu dan kecepatan
|
Diasumsikan peserta didik mempunyai
pengalaman terkontribusi
|
Diasumsikan bahwa siswa tidak mempunyai
pengalaman
|
Peserta dianggap sebagai
sumber daya utama
untuk ide-ide dan contoh
|
Guru sebagai sumber utama
|
INDIKATOR
|
ANDRAGOGI
|
PEDAGOGI
|
Kesiapan
|
Perkembangan
peran sosial
|
Perkembangan
tekanan sosial
|
Perspektif
waktu
|
Kecepatan
aplikasi
|
Aplikasi
ditunda
|
Orientasi
untuk belajar
|
Berpusat
pada masalah
|
Berpusat
pada substansi pelajaran
|
Perumusan
tujuan
|
Negosiasi
|
Oleh
guru
|
Pengalaman
|
Pelajar
merupakan sumber daya yang kaya
|
Berharga
kecil
|
Kegiatan
|
Teknik
pengalaman
|
Teknik
pelayanan
|
Konsep
diri
|
Peningkatan
untuk diri menuju kemandirian
|
Ketergantungan
|
Iklim
belajar
|
Informal,
mutual
|
Berorientasi
pada otoritas
|
Evaluasi
|
Fleksa
diagnose kebutuhan dan fleksa program kebutuhan
|
Oleh
guru
|
Perencaan
|
Fleksa
(mutual diagnosis diri)
|
Oleh
guru
|
Desain
|
Diurutkan
dalam kesiapan
|
Logika,
materi pelajaran, unit konten
|
0 komentar:
Posting Komentar