Penjelasan Pedagogi dan Andragogi




PERBEDAAN PEDAGOGI DAN ANDRAGOGI
Malcolms S. Knowles membedakan antara pedagogi dan andragogi seperti dalam tabel berikut:

ANDRAGOGI DAN PEDAGOGI
ANDRAGOGI

PEDAGOGI
       Pembelajar disebut peserta didik
     Pembelajar disebut sebagai “siswa” atau anak didik
     Metode belajar aktif
     Metode belajar pasif
     Belajar  terpusat pada masalah kehidupan nyata
     Belajar berpusat pada isi pengetahuan teoritis
    Tujuan fleksibel
     Tujuan ditentukan sebelumnya
    Gaya belajar independen
     Gaya belajar dependen

    Pembelajaran mempengaruhi kecepatan
    Guru mengontrol waktu dan kecepatan
     Diasumsikan peserta didik mempunyai pengalaman terkontribusi
     Diasumsikan bahwa siswa tidak mempunyai pengalaman
      Peserta dianggap sebagai
     sumber daya utama untuk ide-ide dan contoh


      Guru sebagai sumber utama


INDIKATOR
ANDRAGOGI
PEDAGOGI
Kesiapan
Perkembangan peran sosial
Perkembangan tekanan sosial
Perspektif waktu
Kecepatan aplikasi
Aplikasi ditunda
Orientasi untuk belajar
Berpusat pada masalah
Berpusat pada substansi pelajaran
Perumusan tujuan
Negosiasi
Oleh guru
Pengalaman
Pelajar merupakan sumber daya yang kaya
Berharga kecil
Kegiatan
Teknik pengalaman
Teknik pelayanan
Konsep diri
Peningkatan untuk diri menuju kemandirian
Ketergantungan
Iklim belajar
Informal, mutual
Berorientasi pada otoritas
Evaluasi
Fleksa diagnose kebutuhan dan fleksa program kebutuhan
Oleh guru
Perencaan
Fleksa (mutual diagnosis diri)
Oleh guru
Desain
Diurutkan dalam kesiapan
Logika, materi pelajaran, unit konten

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.